RUMAH PEKERJA MIGAS INDONESIA

Kantor Wamen ESDM di Pertamina Disegel
Written by Detik Finance   
Monday, 26 May 2014

ImageImageJakarta -Ruangan Komisaris PT Pertamina (Persero) Susilo Siswoutomo di kantor pusat Pertamina disegel. Penyegelan ini merupakan buntut dari pernyataan Susilo, yang juga Wakil Menteri ESDM, sola pengelolaan Blok Mahakam di Kalimantan Timur.

"Kantor Wamen ESDM di Pertamina sudah kami segel," tegas Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Migas Indonesia, Faisal Yusra kepada detikFinance, Senin (26/5/2014).

Faisal mengungkapkan, pada pukul 10.00 WIB, sebanyak 50 perwakilan serikat pekerja migas se-Indonesia mendatangi kantor Pertamina untuk melakukan penyegelan.

"Kita sudah ajukan surat penyegelan, sebagian dari kami juga pegawai Pertamina, tujuan kami untuk mendukung Pertamina. Dari manajemen sudah memberikan izin," ucapnya.

Seperti diketahui, akar permasalahan penyegelan Kantor Komisaris Pertamina Wamen ESDM Susilo Siswoutomo ini karena komentar Susilo yang menyatakan Blok Mahakam belum tentu jatuh ke tangan Pertamina usai kontrak pengelolaan blok tersebut oleh perusahaan Prancis Total E&P Indonesie selama kurun waktu 50 tahun.

Pada 2017 kontrak tersebut habis dan dikembalikan ke negara. Diperkirakan setelah berakhirnya kontrak cadangan gas bumi terbukti yang masih terkandung di dalam Blok tersebut mencapai 2 triliun kaki kubik.

Susilo sendiri sudah dicoba dikonfirmasi baik melalui SMS maupun telepon selulernya, namun sampai berita ini diturunkan belum ada tanggapan dari Wakil Menteri ESDM Susilo Siswoutomo.​