RUMAH PEKERJA MIGAS INDONESIA

SPNTI Sowan ke Kodam VI/Mulawarman
Written by administrator   
Tuesday, 13 June 2017
ImageBALIKPAPAN – Kepastian PT Pertamina (Persero) menjadi operator Blok Mahakam semakin dekat. Setelah Pertamina secara resmi menandatangani Head of Agreement (HoA) peralihan kelola wilayah kerja (WK) antara Total E&P Indonesie dan Inpex Corporation pada 1 Januari 2018 mendatang.

Menyikapi alih kelola WK tersebut diharapkan  tidak adanya intervensi dan dampak negatif yang kelak timbul di masa mendatang. Itu pula yang diharapkan Serikat Pekerja Nasional Total Indonesie (SPNTI). Untuk mengantisipasi hal tersebut, SPNTI sowan ke Markas Komando  Daerah mililiter (Kodam) VJ/Mulawarman.

Dalam kunjungan Rabu (31/5), SPNTI diterima langsung Panglima Kodam (Pangdam) VI/ Mulawarman, Mayjen TNI Sonhadji. Hadir pula Asisten Intelijen Kasdam Kol Inf Raffles Manurung SIP, Asisten Operasi Kasdam Kol Inf Andi Gunawan SIP,Kapendam Kol Inf Subagiyo SIP MM, dan Asisten Teritorial Kasdam Kol Inf Heri Setya Kusdiantana.

Pangdam Mayjen TNI Sonhadji mengatakan, sangat mendukung penuh rencana proses alih kelola Blok Mahakam ini, baik dari segi pengelolaan hingga mendukung penuh untuk keamanan dan kondusivitas selama peralihan. "Apalagi peralihan dari operator Prancis ke Pertamina  yang notabene murni anak bangsa yang kelola. Apalagi ini juga menjadi tugas Kodam untuk mengamankan objek vital nasional" katanya.

la berharap,SPNTI juga selalu menjaga situasi agar tetap kondusif dan selalu membangun komunikasi kepada siapa pun. Karena di sisa waktu enam bulan ke depan ini, SPNTI juga segera melakukan sosialisasi baik di internal maupun eksternal untuk mengantisipasi konllik yang bisa saja terjadi.

Untuk mengantisipasi dampak negatif yang akan terjadi pada alih kelola 1 Januari 2018 nanti,Sonhadji juga menyebut akan mengawasi semua  hal  yang dapat mengakibatkan terjadinya konflik. ''Saya berharap peralihan ini tetap aman hingga selesai nanti. Kalau pun ada gesekan, dapat dieliminasi sedini mungkin agar gejolak yang muncul dapat diantisipasi," harapnya.

Ketua Umum SPNTI Budi Satria mengatakan, selain silaturahmi, kunjungan ini untuk menyampaikan sejauh mana proses alih kelola Blok Mahakam. Dan sebagai bentuk implementasi pelaksanaan lima pilar, yakni Union to Members & Management (U2M2) atau Penguatan sinergitas Serikat Pekerja dengan Anggota dan Serikat Pekerja dengan Manajemen.

Kedua, Union to Union (U2U) atau Penguatan sinergitas antar Serikat Pekerja. Ketiga  Union to Government(U2G) atau Penguatan sinergitas antara Serikat Pekerja dengan Pemerintah. Selanjutnya, Union to Non Government Organization (U2NGO) atau penguatan sinergitas antara Serikat Pekerja dengan Lembaga Swadaya Masyarakat & Organisasi Masyarakat. Yang terakhir Union to Media (U2M) atau Penguatan sinergitas Serikat Pekerja dengan Media.

"Khusus untuk Union to Government (U2G) atau penguatan sinergitas antara Serikat Pekerja dengan pemerintah, makanya kami melakukan sowan ke Kodam VI/ Mulawarman ini. Rencananya kami juga akan melanjutkan sowan ke Polda Kaltim," kata Budi.