RUMAH PEKERJA MIGAS INDONESIA

PERCEPATAN PENGEMBANGAN SDM NASIONAL
Written by Yohanes Abdullah; CNOOC SES Ltd.   
Thursday, 21 July 2011
ImageSumbangan pemikiran berwawasan kebangsaan insan migas Indonesia dalam wadah organisasi Konfederasi Serikat Pekerja Migas Indonesia (KSPMI)
 
Pokok pikiran ini terinspirasi ketika kami ditugaskan oleh perusahaan untuk mengukur produktivitas kerja pekerja CNOOC SES LTD yang kemudian dibandingkan dengan produktivitas pekerja semua perusahaan didunia yang berada dibawah bendera CNOOC International.

Dari pelatihan yang kami terima selama 5 hari di kelas, dapat kita bayangkan betapa strategisnya untuk bangsa Indonesia, khususnya ketahanan industri MIGAS di Indonesia, kalau saja semua K3S mengukur tingkat pengembangan SDM Nasionalnya. Tingkat pengembangan ini dapat diukur melalui 2 (dua) KPI (Key Performance Indicator) berikut:

 

1)    Tingkat Deadwood

KPI yang mengukur jumlah dan persentase pekerja yang tidak tidak pernah promosi (naik pangkat) selama 5 atau 7 tahun terakhir. Angka 5 atau 7 tahun tersebut dapat disepakati sebagai kriteria deadwood yang diberlakukan di K3S. Seringkali terjadi diperusahaan kita masing-masing, ketika material seperti pipa (benda mati) tidak moving lebih dari 5 tahun, manajemen marah karena material tersebut akan menjadi deadstock. Namun ironisnya, tidak ada yang marah ketika terjadi banyak pekerja (makhluk hidup) yang tidak moving (naik pangkat) lebih dari 5 tahun. Agak pahit kita menelan kenyataan bahwa benda mati lebih diperhatikan dari pada makhluk hidup.

 

2)    Tingkat Produktivitas Pekerja.

KPI yang mengukur tingkat produktivitas pekerja yang metoda pengukurannya dapat ditentukan kemudian. Untuk mencegah KPI Gaming (kondisi kontra-produktif) dengan capaian KPI Tingkat Deadwood, maka pengukuran pekerja-pekerja yang tidak termasuk kategori deadwood dapat dipastikan bahwa mereka produktif. Untuk merealisasasikan capaian tingkat produktivitas pekerja, tentunya diperlukan analisa competency gap serta upaya-upaya untuk mengurangi gap tersebut.

 

Rekomendasi:

BPMIGAS diharapkan dapat mengkoordinasikan pengukuran tingkat pengembangan SDM Nasional dilingkungan K3S melalui kedua KPI di atas serta menjadi bahan evaluasi kita bersama untuk perbaikan yang terus menerus.

 

Value Untuk Bangsa

1.    Memastikan terjadi pengembangan SDM Nasional dengan meminimalkan deadwood.

2.    Memastikan deliverable anak bangsa yang accountable dengan meningkatkan produktivitas kerja pekerja.

3.    Mendorong percepatan peningkatan kompetensi pekerja diK3S.

4.    Mendorong percepatan alih teknologi dari expatriate kepada SDM Nasional.